Plt. Wali Kota Jaya Negara Ucapkan Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan

33

Denpasar (Bisnis Bali) – Perayaan Hari Suci Galungan dan Kuningan bagi masyarakat Hindu merupakan hari penting terciptanya alam semesta beserta isinya, yakni dalam pelaksanaan Galungan sebagai simbolis kemenangan kebajikan melawan kejahatan. Sebentar lagi kita akan menyambut Hari Suci Galungan dan Kuningan, yang biasanya jatuh pada hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan). Di 2018 Hari Suci Galungan jatuh pada 30 Mei dan Hari Suci Kuningan jatuh pada 9 Juni.

Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar menggelar berbagai kegiatan dalam menyambut Hari Suci Galungan dan Kuningan. Kegiatan di antaranya pasar murah Galungan dan Kuningan di tiap kecamatan, hingga peningkatan pengawasan pemotongan hewan ternak. Di lingkungan masyarakat Denpasar telah tampak berbagai kegiatan persiapan Hari Suci Galungan dan Kuningan. Plt. Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar, A.AN Rai Iswara, di sela-sela kegiatan kemasyarakatan dan kepemerintahan, Minggu (27/5) menyampaikan ucapan selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan kepada seluruh masyarakat Kota Denpasar.

Jaya Negara mengajak masyarakat menjadikan Hari Suci Galungan dan Kuningan untuk senantiasa selalu meningkatkan srada bhakti kehadapan Ida Shang Hyang Widi Wasa, serta selalu mulat sarira serta mempererat tali persaudaraan dan tali silaturahmi antarmasyarakat.  “Jadikanlah spirit Hari Suci Galungan dan Kuningan dalam menyongsong bersama berbagai program pembangunan di Kota Denpasar,” ujarnya.  Di tengah percepatan pembangunan Kota Denpasar dalam berbagai bidang membawa harapan masyarakat dan Pemkot Denpasar mengarahkan pembangunan untuk kemanfaatan masyarakat yang berkelanjutan. Tingginya rasa kebersamaan yang selama ini ditunjukkan masyarakat sangat membantu pemerintah dalam melaksanakan berbagai program yang telah digulirkan Pemkot Denpasar.

Jaya Negara juga mengajak masyarakat Denpasar dalam memaknai kesucian Galungan dan Kuningan selalu dengan berpikir, berkata dan berbuat yang baik. Untuk itu, masyarakat diajak dapat memanfaatkan waktu sehingga tidak mengurangi produktivitas dalam bekerja dan dapat menjalankan swadarmanya masing-masing.  Akhir kata Jaya Negara dan Rai Iswara mengucapkan Selamat menjalankan Hari Suci Galungan dan Kuningan kepada seluruh masyarakat Kota Denpasar. (ad0620)