Pemkab Klungkung Terima Penghargaan UHC JKN-KIS

29

Semarapura (Bisnis Bali) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung menjadi salah satu kabupaten/kota di Bali yang meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS dari pusat.

Penghargaan ini diperoleh berkat komitmen Pemkab Klungkung yang menjamin kesehatan masyarakatnya melalui program pemberian Kartu Indonesia Sehat (KIS) Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan secara gratis. Berdasarkan data dari BPJS, sampai saat ini sudah 97, 03 persen masyarakat Klungkung sudah tercover BPJS.

Penghargaan secara simbolis diserahkan  langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo di Istana Negara, selanjutnya diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo di Balroom hotel Grand Mercure Jakarta, Rabu (23/5) lalu.

Dalam sambutannya, Mendagri Tjahyo Kumolo mengapresiasi kepada seluruh kabupaten/kota yang telah mendukung program JKN-KIS sebagai program strategis nasional dalam mewujudkan UHC lebih awal di wilayah masing-masing.

Menurutnya, sebagai pemimpin yang baik yang dipilih oleh rakyat, pasti akan memberikan yang terbaik untuk rakyatnya. Salah satunya memberikan peyanan kesehatan kepada rakyatnya. “Semoga apa yang telah dilakukan hingga meraih penghargaan ini dapat ditiru oleh pemimpin daerah lainnya, sehingga apa yang dicita-citakan oleh bangsa ini yaitu terwujudnya kesejahteraan yang berkeadilan dapat terwujud,” ujar Tjahyo Kumolo.

Sementara itu, Pj. Bupati Klungkung, I Wayan Sugiada dalam wawancaranya mengatakan, pihaknya merasa bangga Pemkab Klungkung bisa meraih penghargaan ini. Dengan adanya penghargaan UHC ini masyarakat Klungkung yang telah memiliki kartu JKN-KIS supaya dapat memanfaatkannya secara maksimal ketika mengalami sakit, karena semua ditanggung negara. “Di sinilah peran kartu JKN-KIS ini sangat bermanfaat, artinya ketika masyarakat membutuhkan kesehatan, negara hadir untuk membantunya. Tetapi sebaliknya, makin sedikit masyarakat Klungkung yang memanfaatkannya berarti tingkat kesehatan masyarakat membaik. Ini yang saya harapkan, begitu juga harapan dari masyarakat Klungkung,” ungkap Sugiada. (ad 0602)