Pemkab Buleleng Gelar Bimtek Penguatan Kapasistas SDM Pengawas BUMDes

17
Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas SDM Pengawas BUMDes Kabupaten Buleleng. Acara ini diselenggarakan di Rumah Makan Ranggon Sunset, Selasa (22/5). (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan kegiatan perekonomian masyarakat dalam skala mikro desa yang dikelola oleh masyarakat bersama pemerintah desa. BUMDes dibentuk untuk mendayagunakan segala potensi ekonomi, serta Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Oleh karena itu, diperlukan penguatan kapasitas SDM baik dari pengelola BUMDes maupun dari pengawas BUMDes.

Dengan demikian, Pemkab Buleleng memandang perlu melakukan penguatan SDM untuk pengawasan BUMDes. Untuk meningkatkan kapasitas dan penguatan SDM pengawas BUMDes, Pemkab Buleleng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas SDM Pengawas BUMDes Kabupaten Buleleng. Acara ini diselenggarakan di Rumah Makan Ranggon Sunset, Selasa (22/5).

Bimtek ini dibuka Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG. Bimtek Penguatan Kapasitas SDM Pengawas BUMDes ini menghadirkan narasumber dari DPMD Provinsi Bali dengan materi Kebijakan Pemerintah Provinsi Bali dalam Pengawasan BUMDes,

Perwakilan BPKP Provinsi Bali dengan materi Peningkatan Akuntabilitas Pengawas BUMDes, Kasuddit III Ditreskrimsus Polda Bali dengan materi Peran Kepolisisan dalam Pencegahan Tindak Pidana Korupsi, dan Inspektorat Kabupaten Buleleng dengan materi Mekanisme Penyusunan Hasil Pengawasan BUMDes. (ira)