Denpasar (Bisnis Bali)-  Munculnya berbagai macam penyakit pada masyarakat saat ini, salah satunya disebabkan pola makan yang kurang sehat. Terlebih lagi seringnya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat yang tidak baik untuk tubuh. Untuk itu, berbagai inovasi yang menawarkan menu makanan sehat, mulai dilakukan oleh pelaku usaha kuliner dalam upaya mendukung kesehatan masyarakat.

Salah satu usaha kuliner, yang menyajikan makanan sehat yaitu Malaika Secret Moksha Restaurant. Owner Secret Moksha Restaurant, Mas Malaika Agung, saat ditemui belum lama ini, mengatakan, ide menyajikan makanan sehat pada restoran milikinya sudah sejak 11 tahun lalu. Dia yang sejak 17 tahun lalu bergerak di usaha kuliner ini, mengaku, sebelumnya juga menjual makanan dengan menu  seperti restoran pada umumnya dan cukup menarik minat masyarakat pada saat itu.

Ide menciptakan jenis makanan menyehatkan, juga didukung oleh beberapa lahan pertanian miliknya yang ditanami sumber makanan yang menyehatkan. “Kami memiliki lahan di Badung dan Tabanan, yang ditanami tanaman asli Indonesia menyehatkan dan kebun kami sangat potensial untuk dikembangkan menjadi sumber bahan baku menu makanan sehat. Hal tersebut tentunya sangat mendukung ide kami,” ungkapnya.

Disamping itu, diakuinya, berbagai pengalaman, terutama di luar negeri membuatnya tergugah untuk menciptakan menu makanan sehat bagi masyarakat. Salah satu diceritakannya yaitu, ketika di Inggris melihat pameran makanan organik. “Padahal negara mereka tidak lebih kaya dari Indonesia yang kaya akan makanan organik. Namun mereka berani mengadakan pameran makanan organik yang besar,” ujarnya. (wid)