Tabulampot Red Pamelo, Jadi Pilihan Penghobi

231

Denpasar (Bisnis Bali) – Red pamelo menjadi salah satu tanaman buah yang dapat dijadikan tabulampot. Red pamelo dapat berbuah lebat meskipun tumbuh dalam pot. Hal tersebut membuat tabulampot red pamelo sangat menarik.

Membuat tabulampot menurut Putu, dari toko tanaman Buah Unggul di Jalan Hayam Wuruk Denpasar, tergantung pada perawatan. “Kalau ingin tabulampot berbuah lebat, kuncinya rajin memberi pupuk dan mendapatkan sinar matahari yang cukup,” katanya.

Ia memberikan 5 kg pupuk kandang berupa kotoran kambing yang matang setiap enam bulan. Ia juga rutin menyiram tanaman dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Dengan perawatan itu, tabulampot pamelo akan menjadi subur, namun untuk bisa rajin berbuah perlu dilakukan perawatan ekstra karena selain pupuk kandang, tanaman juga membutuhkan nutrisi tambahan berupa pupuk nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). “Pada fase vegetatif, sebaiknya berikan pupuk yang mengandung unsur nitrogen dua kali lebih banyak dibanding fosfor dan kalium. Perbandingannya 2:1:1. Taburkan pupuk tersebut di sekeliling tanaman setiap bulan,” katanya. (pur)