Mangupura (Bisnis Bali) – Indonesia memiliki banyak ragam kuliner yang khas dan enak. Salah satunya adalah nasi campur. Siapa yang tidak mengenal nasi campur?. Makanan yang satu ini sudah familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan, makanan ini sangat disukai dari masyarakat biasa hingga pejabat.

Disebut nasi campur karena makanan ini terdiri dari nasi putih yang dihidangkan dengan bermacam-macam lauk-pauk. Lauk yang digunakan biasanya telur, ayam goreng, tahu tempe, ikan, dan berbagai jenis sayuran. Campuran menu tersebut, tergantung dari warung atau rumah makan yang menyajikan sehingga nasi campur memiliki variasi tersendiri. Makanan ini juga sering dijual dalam bungkus kertas atau daun pisang.

Ada salah satu rumah makan yang menyajikan makanan khas ini, sebagai menu utama. The Nasi Campur, rumah makan baru di kawasan Seminyak, Kuta ini menonjolkan hidangan asli Bali dengan beberapa varian menu, salah satunya nasi campur ayam.

Pemilik The Nasi Campur, Ari Putra mengatakan, dipilihnya nasi campur sebagai menu pilihan andalan bagi konsumen, karena makanan ini bisa diterima di semua kalangan dan mampu dibeli dari kalangan bawah sampai atas. “Nasi campur sudah tidak asing terutama bagi warga Indonesia. Hanya saja kami membuat variasi beda pada ragam menunya agar punya ciri khas tersendiri dibandingkan rumah makan lain,” ungkapnya. (dar)