Tingkatkan Kewaspadaan Dini,  FKPD Klungkung Rapatkan Barisan

16

Semarapura (Bisnis Bali) – Menanggapi situasi yang terjadi belakangan ini, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Klungkung merapatkan barisan dengan menggelar rapat koordinasi (Rakor).

Rakor dipimpin Pj. Bupati Klungkung, I Wayan Sugiada, di ruang rapat Bupati, Kamis (17/5) lalu. Beberapa hal dibahas dalam pertemuan yang juga dihadiri Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Klungkung ini, seperti kewaspadaan dini terjadinya konflik dan situasi keamanan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Klungkung, I Wayan Sujana menyampaikan, ada beberapa faktor yang berpengaruh dan berpotensi bisa menimbulkan terjadinya konflik sosial di masyarakat. Seperti bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, budaya, politik dan sebagainya. Sujana mencontohkan, di tahun politik 2018, perlu diwaspadai terjadinya konflik, mengingat di Kabupaten Klungkung akan ada hajatan pemilihan kepala daerah. Di bidang pendidikan juga ada penerimaan siswa didik baru dan bidang pangan berpotensi akan terjadi peningkatan harga kebutuhan pokok yang perlu diwaspadai menimbulkan konflik sosial. “Semua potensi ini perlu kita waspadai bersama,” tegas Sujana.

Lebih lanjut, terkait situasi keamanan, Sujana mengajak semua komponen untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan deteksi dini. Keamanan lingkungan perlu ditingkatkan dengan melakukan kegiatan pendataan penduduk pendatang. Selain konflik dan situasi keamanan, Sujana mengingatkan peredaran narkoba juga perlu diwaspadai bersama. Seluruh komponen masyarakat diminta lebih waspada sehingga situasi Klungkung tetap aman dan kondusif. “Kewaspadaan dan deteksi dini perlu ditingkatkan untuk menjaga Klungkung tetap kondusif,” imbuhnya. (dar)