Edukasi dan Literasi Efektif Perkenalkan BPR

18
BPR - Kegiatan edukasi dan literasi keuangan yang dilakukan BPR. (kup)

Mangupura (Bisnis Bali) – Bank perkreditan rakyat (BPR) perlu lebih mendekatkan diri ke masyarakat, sehingga BPR makin dikenal. Edukasi dan literasi dinilai paling efektif memperkenalkan industri BPR kepada masyarakat.

Sekretaris Perbaindo Korcam Mas (Mengwi, Abiansemal), Dewa Nyoman Surata, Jumat (18/5) mengatakan, semua BPR di Bali sebenarnya sudah melakukan upaya memperkenalkan industri BPR kepada masyarakat. Hal ini dilakukan dengan terjun langsung ke masyarakat untuk memperkenalkan produk BPR masing-masing.

Ia menjelaskan, kegiatan edukasi dan literasi keuangan mesti digiatkan kembali. Selama ini kegiatan edukasi dan literasi dihandel oleh DPK Perbarindo dan DPD Perbarindo. Kegiatan edukasi dan literasi bersama oleh anggota Perbarindo ini paling efektif menggaet nasabah baru, dan makin memperkenalkan industri BPR kepada masyarakat.

Dipaparkannya, edukasi dan literasi keuangan yang dilakukan industri BPR sebelumnya sudah menyasar golongan pelajar, mahasiswa, masyarakat di pasar termasuk ibu-ibu PKK melalui kegiatan pelatihan tata rias dan lainnya.

Ia melihat ekonomi Bali banyak ditopang sektor pariwisata. Kegiatan edukasi dan literasi mesti menyasar kalangan pariwisata. Ini diharapkan pelaku pariwisata bisa memanfaatkan produk industri BPR. (kup)