Brokat Semi Italy, Tren Baru Kain Brokat

38

Mangupura (Bisnis Bali)- Selama ini brokat semi Prancis sudah dikenal masyarakat khususnya kaum hawa. Namun saat ini mulai beredar di pasaran brokat semi Italy yang tidak kalah cantik dengan semi Prancis.

“Kalau dilihat sepintas tidak ada perbedaan antara brokat semi Prancis dan semi Italy. Hanya orang yang sudah lama berkecimpung dengan kain yang bisa membedakannya, karena hampir tidak ada perbedaan yang mencolok,” tutur Ratna, penjual kain di Kawasan Sempidi, Badung.

Cuma yang sedikit berbeda adalah motif kain, meski selalu ada kemiripan dari motif kain yang beragam tersebut. Dari segi warna kedua jenis kain juga hampir sama. “Ada banyak pilihan warna, seperti halnya brokat pada umumnya. Tapi keunggulan dari brokat semi Italy adalah warna gold yang terlihat sangat mewah, sehingga warna ini yang paling banyak peminatnya,” ungkapnya.

Tidak hanya bersaing dari segi kualitas dan warna, dari sisi harga kedua jenis kain brokat tersebut juga bersaing ketat. “Brokat semi Italy panjang 2,5 meter yang bisa digunakan untuk 2 pc kebaya, harganya Rp 165 ribu. Harga brokat semi Prancis juga kisaran itu, jadi semua kembali kepada selera konsumen mau memilih yang mana,” tukasnya. (pur)