Mewah dan Elegan, Kebaya Bludru Direspons Pasar

21

Denpasar (Bisnis Bali)- Kebaya yang terbuat dari kain bludru selama ini hanya digunakan oleh pengantin saja. Namun menjelang Galungan ini, sejumlah toko busana adat di jalan Sulawesi tampak memajang kebaya bludru.

Kebaya bludru memang dari segi penampilan terlihat sangat mewah dan elegan. “Kebaya bludru memang lain dari yang lain dan sangat jarang orang yang memakainya. Tapi berbeda dengan brokat yang terkesan sedikit terbuka, bludru kesannya lebih sopan dan tertutup,” tutur Nita seorang penjual busana adat.

Baru diluncurkan, kebaya bludru ini mendapat respons cukup positif dari konsumen. “Sekarang konsumen memang lebih suka membeli kebaya jadi. Selain praktis, karena tidak perlu ke tukang jahit, jatuhnya harga jadi lebih murah hingga puluhan bahkan ratusan ribu,” pungkasnya. Selain itu sifat konsumtif masyarakat Bali memang cukup menonjol, karena setiap ada tren dan motif baru pasti diserbu konsumen.

“Kebaya bludru ini karena sesuatu yang baru, jadi konsumen sangat tertarik untuk membelinya. Untuk saat ini kami memang membuat kebaya yang cocok digunakan untuk menghadiri acara resepsi, karena memang kesannya mewah,” tandasnya. Ia mengaku desain kebaya bludru tersebut dengan lengan pendek dan kutu baru, sehingga untuk acara ke pura memang kurang pas.  (pur)