Barong Mini Jadi Pelestarian Budaya dan Nilai Ekonomis

43

Mangupura (Bisnis Bali) – Tari Barong merupakan salah satu pertunjukan seni budaya Bali yang menarik minat wisatawan untuk menyaksikannya. Pertunjukan barong, banyak disajikan di objek – objek wisata. Namun hari raya Galungan yang identik dengan waktu ngelawang, tidak hanya menarik bagi wisatawan, namun juga bagi masyarakat Bali, terutama anak-anak.

Ketertarikan anak – anak pada seni budaya khususnya barong, saat ini telah didukung dengan banyaknya para perajin pembuat barong yang membuat barong berukuran kecil sehingga bisa ditarikan oleh anak-anak. “Sekarang banyak perajin di Gianyar yang membuat barong berukuran kecil, jadi bisa digunakan anak – anak. Ternyata barong kecil ini banyak diminati,” tutur Gusti Made Ayu Hayati, penjual barong, di kawasan Sempidi, Badung.

Dengan adanya barong mini tersebut secara tidak langsung merupakan salah satu langkah pelestarian seni budaya Bali. Di sisi lain para perajin juga mendapatkan keuntungan dari pembuatan barong mini. “Kalau dulu para perajin hanya mengandalkan orderan pembuatan barong besar yang sangat jarang sekali. Selain itu mereka juga membuat tapel yang harganya sangat murah dibandingkan dengan membuat barong mini,” tukasnya.  (pur)