TABULAMPOT ternyata dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki tanaman buah, namun tidak memiliki lahan. Tanaman durian pun dapat ditanam dalam pot dan menghasilkan buah yang lebat. Harga tabulampot memang tergolong tinggi, seperti tabulampot durian yang sudah berbunga dibandrol Rp 900 ribu.

Ni Luh Simpen, pemilik Rosemary, toko tanaman di pasar Beringkit mengatakan, harga tabulampot memang lebih tinggi ketimbang bibit biasa. Seperti durian cane yang harga bibit Rp 75 ribu, bila sudah menjadi tabulampot dan sudah berbunga harga naik berkali-kali lipat.

Kalau tabulampot memang harganya sangat tinggi. Tetapi konsumen tetap banyak yang berminat untuk membeli, meski harganya sangat tinggi. “Seperti tabulampot durian saat ini memang sedang tren. Menyaingi permintaan tabulampot jambu cristal, yang sebelumnya mendominasi permintaan,” tukasnya.

Banyak orang menyukai durian karena durian memiliki rasa yang lezat, daging buahnya lembut dan memiliki aroma khas yang sangat menggoda. Karena hal tersebut, banyak orang yang membudidayakan durian untuk dijadikan prospek usaha yang menjanjikan. Namun untuk membudidayakan durian saat ini dapat dilakukan dalam pot atau drum bekas. (pur)