SDM Miliki Kompetensi, Koperasi Miliki Saing Tinggi

26
DIKLAT - Peserta Diklat Uji Kompetensi Manajer dan Juru Buku Koperasi se-Kabupaten Badung berfoto bersama dengan Kabid UKM Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung serta para asesor koperasi. (sta) 

Mangupura (Bisnis Bali) – Koperasi dituntut mampu bersaing di era pasar bebas. Dengan berlakunya Masyatakat Ekonomi ASEAN (MEA), perlakuan usaha memiliki persaingan yang sangat ketat.

“Termasuk usaha unit koperasi dituntut menang dalam persaingan. Maka itu sumber daya manusia (SDM) pengelola koperasi wajib terus di tingkatkan. Pemkab Badung melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung bekerja sama dengan LDP BaliCertif menyelenggarakan Diklat Uji Kompetensi bagi manajer koperasi, juru buku koperasi sebanyak 60 orang dari koperasi se-Kabupaten Badung. Dilaksanakan diklat uji kompetensi ini untuk memberikan keterampilan lebih kepada pengelola koperasi agar mampu bersaing,” ungkap Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, I Ketut Karpiana, dalam sambutannya yang dibacakan Kabid UKM, IGA Suartini, S.H., M.Si., saat membuka Diklat Uji Kompetensi yang diikuti manajer dan juru buku koperasi se-Kabupaten Badung di Hotel Made Bali.

Menurutnya, tantangan dalam persaingan menghadapi MEA saat ini SDM mesti tangguh. Persiapan dilaksanakan sedini mungin dan tidak ada kata terlambat. Dengan itu, Pemkab Badung memberikan fasilitas diklat kepada gerakan koperasi. Teknisnya kerja sama dengan LDP BaliCertif, karena lembaga tersebut sudah terbukti mampu mencetak SDM pengelola koperasi yang berkualitas, sehingga mampu bersaing dengan usaha sejenis lainnya., (sta)