I Wayan Sumerta Lakukan Pendekatan

18
I Wayan Sumerta, S.H

KEBERADAAN LPD memiliki peran penting dalam memajukan perekonomian masyarakat, khususnya desa pakraman. Dengan itu, membangkitkan kembali LPD baik yang sebelumnya sudah pernah berjalan atau yang memang belum ada menjadi suatu hal yang penting dilakukan. Hal ini yang menjadikan motivasi bagi Koordinator LP-LPD Kabuapten Klungkung I Wayan Sumerta, S.H.

Saat ditemui di Klungkung, belum lama ini, dia mengatakan, beberapa hal untuk membangkitkan LPD kembali telah dilakukannya. Seperti yang paling utama yaitu melakukan pendekatan kepada bendesa adat untuk meyakinkan bahwa LPD sangat bermanfaat bagi masyarakat dan mampu mendorong kemajuan perekonomian desa pakraman. “Langkah-langkah tersebut sudah kami jalankan, dan beberapa desa pakraman sudah siap untuk membangkitkan LPD nya kembali,” katanya.

Beberapa diantaranya, lebih lanjut dijelaskan, bendesa adat juga sangat optimis untuk membangkitkan kembali LPDnya, sehingga mendorong untuk bangkitnya kembali LPD yang belum berjalan. “Kami berharap tahun-tahun berikutnya LPD yang belum jalan, agar bisa jalan semua. Demikian juga LPD yang kurang sehat bisa masuk katagori sehat,” ungkapnya. (wid)