Adi Nugroho TW II 2018,  ITK di Bali ”Optimis” 

27

Denpasar (Bisnis Bali) – Pada triwulan  II  2018,  konsumen  masih  optimis  bahwa  ekonomi mereka  akan  membaik,  meskipun  level  optimismenya  tercatat  menurun.  Itu tercermin dari indek tendensi konsumen (ITK) yang diperkirakan mencapai 104,96 pada  triwulan II 2018.

“Membaiknya  kondisi  ekonomi  konsumen  pada  triwulan mendatang  dipicu  oleh  kenaikan  pada  pendapatan  mendatang,” tutur Kepala BPS Bali, Adi Nugruho, di Denpasar belum lama ini.

Ia menerangkan, indeks  komponen pendapatan  meningkat  dari  level  pesimis  menjadi  optimis  dengan  indeks  tercatat  mencapai 112,01.  Sebaliknya,  pembelian  barang  tahan  lama  diperkirakan  menurun  atau  berada  pada level  pesimis,  dengan  indeks  tercatat  92,60.

Jelas Adi, prediksi peningkatan ITK ekonomi pada triwulan II, sejalan dengan ITK triwulan I  2018 yang mengalami peningkatan dibandingkan triwulan sebelumnya, tercermin dari angka ITK pada triwulan ini yang tercatat mencapai 106,30. Tingkat kenyamanan konsumen atau masyarakat Bali juga mengalami peningkatan pada triwulan ini.

“Peningkatan kenyamanan konsumen ditunjukkan dengan ITK yang tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Pada triwulan IV tahun 2017, ITK tercatat hanya 103,24,” ujarnya.  (man)