Rohcineng Pimpin ‘’Coastal Clean Up’’ di Pantai Masceti

32
Kegiatan bersih-bersih pantai bersama pejabat di Lingkungan Pemkab Gianyar di seputaran Pantai Masceti. (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Pj Bupati Gianyar, I Ketut Rochineng, tunjukkan konsistensinya untuk membangun dan menjaga kebersihan Gianyar dengan kembali melaksanakan bersih-bersih pantai bersama pejabat di Lingkungan Pemkab Gianyar di seputaran Pantai Masceti, Jumat (11/5) lalu. Kegiatan bersih-bersih pantai tersebut melibatkan seluruh OPD di Lingkungan Pemkab Gianyar, masyarakat pesisir, organisasi kepemudaan, serta siswa.

Menindaklanjuti instruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Pemkab Gianyar mengeluarkan surat edaran tentang gerakan kebersihan, pengurangan dan penanganan sampah. Kegiatan ini merupakan aksi nyata dalam upaya mendorong partisipasi semua komponen untuk secara aktif menjaga kebersihan kantor, lingkungan, tempat suci, sungai, pantai di seluruh wilayah Kabupaten Gianyar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, I Wayan Kujus Pawitra mengatakan, kegiatan kali ini merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran semua pihak dalam menjaga kebersihan dan peduli sampah di Kabupaten Gianyar. Kegiatan ini diharapkan mendorong partisipasi semua komponen untuk semakin menjaga kebersihan lingkungan serta peduli sampah.
Aksi peduli lingkungan dan peduli sampah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemkab Gianyar. Namun, dari segi peran serta masyarakat masih perlu ditingkatkan lagi. “Kegiatan ini merupakan momentum untuk secara bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan,” ucap Kujus Pawitra.

Selain itu, kegiatan bersih-bersih lingkungan dan peduli sampah merupakan program yang dilaksanaan secara berkala oleh Pemkab Gianyar dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Hal ini mengingat Gianyar pada khususnya, Bali pada umumnya merupakan wisata destinasi wisata internasional sehingga keamanan dan kebersihan itu sangat penting, terutama sampah plastik dan sampah lainnya. (kup)