Suku Bunga Acuan Berpeluang Disesuaikan

29
Kepala Kantor Perwakilan BI Bali Causa Iman Karana

Mangupura (Bisnis Bali) – Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) memungkinkan akan mengalami penyesuaian untuk mengantisipasi kian melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Pemerhati ekonomi dan perbankan, Kusumayani, M.M., di Nusa Dua, Jumat (11/5) kemarin mengatakan, adanya harapan kalangan pelaku pasar modal agar BI menaikkan suku bunga acuan BI 7 day repo rate bisa saja terjadi jika rupiah terus terdepresiasi. Depresiasinya rupiah rentan mempengaruhi perkembangan ekonomi.

“BI pasti akan mengeluarkan kebijakan agar rupiah tidak tertekan dalam upaya menjaga stabilitas sistem keuangan,” katanya.

Menurutnya, kebijakan penurunan suku bunga acuan tentunya satu dari sekian kebijakan yang akan diambil dengan mengkaji kondisi yang akan terjadi ke depannya. Tetapi, bila dirasa kebijakan yang diambil mampu menjaga rupiah, tentu penyesuaian BI 7 DRR tidak akan diterapkan.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Bali Causa Iman Karana mengatakan, sesuai informasi BI pusat, pelemahan rupiah yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir merupakan dampak dari menguatnya dolar AS secara berskala luas (broadbased) terhadap seluruh mata uang. Keadaan tersebut sehubungan dengan makin solidnya ekonomi AS di tengah lambatnya pemulihan ekonomi di berbagai kawasan. (dik)