Gali Potensi, PKK Tegalalang Diberikan Pelatihan Tata Rias

35

Gianyar (Bisnis Bali) – Sejumlah ibu PKK dari desa pakraman se-Kecamatan Tegalalang, Gianyar mengikuti workshop kewirausahaan, akses permodalan serta tata rias kecantikan. Kegiatan tersebut diharapkan memberi peluang baru bagi masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga untuk mengembangkan usaha di pedesaan.

Kegiatan dilaksanakan oleh Badan Kerja Sama (BKS) LPD Provinsi Bali bekerja sama dengan Kelompok Media Bali Post dalam hal ini Harian Bisnis Bali, LKP Agung dan Toya Grup (Toya Devasya). Pada kegiatan tersebut, ibu-ibu PKK dikenalkan tata cara penggunaan pusung tagel untuk perempuan dewasa serta strategi pengembangan usaha hingga cara memperoleh permodalan. Selain itu tata cara berbusana ke pura yang baik dan sopan serta tata rias wajah juga diberikan kepada ibu-ibu yang antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua LKP Agung sekaligus pakar kecantikan, Dr. Dra. AA Ayu Ketut Agung, M.M. mengatakan, melalui kegiata road show ke desa-desa ini mampu memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait dengan etika berpakaian khususnya busana ke pura. Demikian dia menjelaskan, kegiatan road show tersebut telah mampu memberikan perubahan kepada masyarakat, yang saat ini banyak masyarakat telah menyadari penggunaan pakaian yang baik dan sopan. “Banyak perubahan yang sudah terjadi, seperti penggunaan pakaian yang saat ini cenderung tertutup,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait pengembangan usaha di pedesaan, CEO Toya Grup, Ayu Saraswati, memberikan beberapa pengetahuan tentang tata kelola usaha yang baik, seperti halnya tata kelola keuangan, permodalan hingga bagaimana menyikapi tantangan yang terus terjadi. “Dalam hal ini kreativitas masyarakat dalam menjalankan usaha sangat perlu untuk mampu mengembangkan usaha, mulai dari promosi, menghadapi persaingan serta beberapa tantangan lain,” jelasnya. (wid)