BUMDes Dorong Perkembangan Desa

12
BUMDES - Asosiasi Desa Wisata bersama Balai Latihan Masyarakat Denpasar , Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, mendorong pembangunan desa antara lain melalui pengembangan BUMDes pariwisata. (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Komitmen Presiden Jokowi membangun 74.910 desa di Indonesia sangat tinggi. Guna mendorong pembangunan desa bisa dilakukan melalui pengembangan BUMDes pariwisata.

Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia, Mangku Nyoman Kandia, Jumat (11/5) mengatakan, pemerintah pusat sudah mengelontorkan dana desa Rp 60 triliun untuk kesejahteraan desa. Ini akibat lahirnya UU Desa.

Ia menjelaskan, ada Kementerian Desa dan Menteri Pariwisata serius mengembangkan desa-desa wisata dan home stay. Setiap desa wajib memahami ilmu pengetahuan tentang produk, pengelolaan dan promosi desa-desa wisata. “Butuh SDM yang profesional membangun desa wisata,” kata Mangku Kandia.

Kepala Balai Latihan Masyarakat Denpasar Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Drs. Mulyadin Malik, M.Si., mengatakan, perlu ada upaya untuk  fokus memfasilitasi pengembangan BUMDes di bidang pariwisata, meliputi penelitian, potensi desa-desa wisata, membuat paket-paket wisata yang menarik untuk wisatawan, dan meningkatkan kapasitas SDM di desa wisata yang dikembangkan melalui BUMDes.  (kup)