Pelaku UMKM dan Koperasi harus Siap Bersaing

19
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bali, Gede Indra sedang memberikan pelatihan materi kebijakan pemerintah tentang perkoperasian di Aula Diklat UPT. Diklat Koperasi Bali. (sta)

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemerintah saat ini berkomitmen membangun sumber daya manusia (SDM) koperasi dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang berkualitas. Hal ini seiring dengan diberlakukannya pasar bebas, sehingga mau tidak mau persaingan akan makin ketat.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra, S.E., M.M., didampingi Kepala UPT Diklat Koperasi, Dra. Nyoman Widarti, M.Si., Selasa (8/5) di Denpasar menegaskan, pentingnya ketangguhan SDM di era pasar bebas. Bukan hanya persaingan produksi saja, melainkan terjadi persaingan yang cukup dahsyat di sektor tenaga kerja. Sudah terbukti saat ini pasar bebas tingkat ASEAN, banyak tenaga asing asal ASEAN yang berkompetitif datang ke Indonesia dan termasuk Bali. Bahkan sudah ada ribuan SDM asing yang masuk dan siap bersaing dengan tenaga kerja lokal.

”Untuk itu, SDM gerakan koperasi dan pelaku UMKM di Bali harus mampu menang dalam persaingan. Maka itu persiapkan diri anda semua untuk menang bersaing. Menang menjadi taruhan kelangsungan hidup. Bahkan menang persaingan berarti mampu mengentaskan kemiskinan dan merekrut tenaga kerja sehingga dapat mengurani pengangguran. Untuk itu pemerintah mengalokasikan dana untuk kegiatan diklat peningkatan SDM koperasi dan UMKM. Sampai akhir tahun 2018 sebanyak 1.250 orang,” katanya. (sta)