Beragam Olahan Kacang Hijau Kaya Serat, banyak Manfaat

117

KACANG hijau yang kaya serat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga banyak orang mengolah kacang hijau menjadi beragam makanan sehat.  Hal tersebut membuat pemasaran kacang hijau lebih mudah dan permintaan juga cukup tinggi.

AA Ngurah Mayun, dosen Pertanian Unwar mengambil budi dayanya kacang hijau cukup menjanjikan karena konsumsi kacang hijau tergolong tinggi. “Banyak industri mikro kecil dan  menengah yang memanfaatkan kacang hijau dalam berproduksi, belum lagi konsumsi rumah tangga. Karenanya, permintaan kacang hijau tidak pernah menurun bahkan pada hari hari tertentu, seperti menjelang bulan puasa, konsumsi kacang hijau akan meningkat,” paparnya.

Kacang hijau selama ini banyak diolah menjadi bubur kacang hijau, sari/susu kacang hijau, dijadikan isi dari kue onde-onde, bakpao dan masih banyak lagi kuliner lainnya. “Saat panen raya sebenarnya petani bisa melakukan pengolahan pascapanen agar harga kacang hijau tidak anjlok bahkan bisa memperoleh nilai tambahan dari pengolahan pascapanen tersebut. Tanpa melakukan pengolahan pascapanen, petani bisa menyimpan kacang hijau dengan baik agar tidak mudah rusak,” paparnya.

Untuk membuat sari/susu  kacang hijau sangat mudah hampir sama dengan cara membuat susu kedelai. “Untuk di Bali belum banyak orang menjual dari kacang hijau, tidak seperti susu kedelai. Tetapi produk sari kedelai dalam kemasan sudah ada dan banyak peminatnya, sehingga olahan yang satu ini dapat menjadi peluang bisnis,” ungkapnya. (pur)