Pemilihan Bibit Pengaruhi Hasil Panen Kacang Hijau

18

BUDI DAYA kacang hijau sangat dipengaruhi oleh pemilihan bibit yang cocok dan dapat beradaptasi dengan lahan yang digunakan menanam. AA Ngurah Mayun, dosen Pertanian Unwar mengatakan, ada banyak jenis bibit kacang hijau unggul sehingga petani dapat menanyakan langsung di toko saprodi keunggulan masing-masing.

Pemilihan bibit kacang hijau yang baik merupakan unsur terpenting dalam membudidaya kacang hijau. “Agar mendapatkan hasil panen yang memuaskan, kita perlu menggunakan benih unggul. Selain hasil panen yang memuaskan, dengan bibit unggul  petani lebih dipermudah dalam pemeliharaan karena benih dapat bertahan hidup lebih lama dibandingkan dengan benih kacang hijau yang buruk,” paparnya.

Benih kacang hijau juga memiliki keragaman. “Ada beberapa varietas benih kacang hijau yang populer, di antaranya varietas merak, nuri, wallet, gelatik, dan lainnya. Varietas ini bisa dipilih sesuai kondisi lahan yang akan digunakan menanam kacang hijau,” ucapnya. Jadi petani perlu memperhatikan tanah yang akan digunakan sebagai media tanam dalam memilih benih kacang hijau yang cocok.  (pur)