Nelayan Didorong Maksimalkan Hasil Tangkapan

27
PELATIHAN – Nelayan di Gianyar diberikan pelatihan terkait pemahaman aplikasi cuaca. (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Kondisi cuaca yang seringkali tak menentu, menuntut nelayan lebih jeli membaca situasi. Oleh karena itu, nelayan perlu diajarkan cara membaca prakiraan cuaca yang diterbitkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), baik itu melalui situs resminya atau data yang dikirimkan melalui instansi terkait.

Kadis DKPKP Kabupaten Gianyar, Ir. Dewi Hariani, Senin (7/5) mengatakan, dengan memahami aplikasi cuaca, nelayan di Gianyar bisa melaut saat yang tepat dan bisa memaksimalkan hasil tangkapan.

Ia mengatakan, saat ini mayoritas nelayan masih membaca cuaca melalui kondisi alam saja. Cara manual semacam itu tidak lagi bisa diandalkan. Hal ini dikarenakan, cuaca cepat berubah, nelayan diharapkan bisa membaca prakiraan cuaca yang diterbitkan BMKG.

Untuk membantu para nelayan agar lebih bisa membaca kondisi cuaca dengan lebih akurat, Pemkab Gianyar melalui Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Kabupaten Gianyar mengajak 30 orang nelayan mengunjungi Stasiun Klimatologi Klas II Jembrana Bali dan ke Balai Riset dan Observasi laut di Jembrana, Kamis (3/5) lalu. (kup)