Edukasi Warga, DLH Tanamkan Perilaku Hidup Bersih

22
DLH bangun kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Untuk menanamkan perilaku hidup bersih, Dinas Lingkungan (DLH) Hidup Kabupaten Gianyar menurunkan sejumlah satgas dan tenaga kebersihan melaksanakan gotong royong di beberapa tempat. Salah satunya di Banjar Teruna, Desa Blahbatuh. Aksi bersih-bersih yang dilaksanakan pada Minggu (6/5) lalu, diikuti oleh Sekeha Teruna Banjar Teruna. Hal itu dilakukan untuk menjaga agar lingkungan setempat bersih, di samping untuk membangun kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan.

Aksi bersih-bersih tersebut dipimpin langsung Kepala DLH Kabupaten Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra bersama Kepala Desa Blahbatuh, I Gusti Ngurah Kapidada.

Dalam aksi bersih-bersih itu, DLH Gianyar menurunkan puluhan Satgas dan tenaga kebersihan  DLH juga menyiapkan sejumlah kendaraan angkut sampah, seperti 1 truk sampah dan 2 viar pengangkut sampah.

Kepala DLH Kabupaten Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra mengatakan, aksi bersih-bersih ini dilakulan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih. Lebih-lebih saat ini merupakan Bulan Bakti Gotong-royong, ia ingin menggalakkan kembali goyong-royong yang mulai memudar. “Secara rutin kami akan mengajak masayarakat untuk gotong-royong membersihkan lingkungannya, hanya saja lokasinya akan digilir,” ujarnya.

DLH akan koordinasi dengan Kepala Desa. Kalau dilihat ada lingkungan kurang bersih, DLH akan berkoordinasi dengan kepala desa setempat untuk menurunkan warganya ikut gotong-royong. “Kami perlu bersama-sama membangun kesadaran bahwa lingkungan ini milik kami, perlu dijaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan,” tegasnya.  (kup)