Olahan Kedondong  Jadi Produk Rumahan

79

BUAH kedondong dengan rasa asam dan sedikit manis memang cocok digunakan sebagai bahan rujak. Selain itu kedondong juga kerap diolah menjadi manisan dan asinan, yang membuat buah satu ini lebih tahan lama dengan cita rasa yang berbeda.

Manisan dan asinan disukai banyak orang, sehingga kuliner yang satu ini dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Mirtha, pelaku UMKM yang membuat manisan dan asinan mengatakan banyak jenis buah cocok dibuat asinan dan manisan salah satunya buah kedondong.

“Rasa buah kedondong biasanya cenderung asam. Jadi tidak banyak orang yang suka memakannya. Tetapi dengan dibuat asinan maupun manisan, kedondong mulai diminati,” tuturnya. Karena rasa asam dari kedondong sedikit menghilang dengan proses pengolahan. Cara mengolah kedondong menjadi manisan dan asinan sangat mudah.

Bagi mereka yang tidak suka pedas, sebaiknya membuat manisan caranya yaitu siapkan 15 buah kedondong, 500 gram gula pasir, 3 gelas air , 1/4 sendok teh asam sitrat dan pewarna makanan warna kuning telur. “Pertama kupas kedondong dan belah sehingga membentuk seperti bunga lalu rendam air selama satu hari hingga kelompak bunga merekah. Sementara itu rebus air dan gula hingga larut dan mendidih, dinginkan kemudian beri asam sitrat dan pewarna makanan,” terangnya. Kedondong yang sudah direndam seharian kemudian dicuci bersih agar getahnya hilang. Setelah itu letakkan dalam wadah dan siram dengan larutan gula tadi. Kemudian tutup dan simpan dalam lemari pendingin selama satu hari. Setelah itu manisan siap dikemas atau langsung dikonsumsi. (pur)