Ekonomi Melambat, Ancam Kualitas Kredit BPR

36
BPR – SDM BPR dibekali analisa kredit yang kuat, sehingga bisa memaksimalkan penyaluran kredit dan menekan angka kredit bermasalah. (kup)

Mangupura (Bisnis Bali) – Kondisi ekonomi yang belum membaik saat ini, membuat perkembangan penghasilan debitur mengalami penurunan. Perlambatan ekonomi jika tidak diimbangi analisa kredit yang kuat, akan menjadi ancaman penurunan kualitas kredit di BPR.

Dirut BPR Nusamba Mengwi, Ni Made Ardini Yoni, Sabtu (5/5) mengatakan, perlambatan ekonomi  berakibat pada penurunan usaha dan pendapatan nasabah termasuk penurunan pendapatan debitur. Hal ini secara tidak langsung menyebabkan kualitas kredit BPR juga mengalami penurunan.

Ia menjelaskan perlambatan ekonomi juga berimbas pada peningkatan kredit bermasalah (NPL) di BPR termasuk di bank umum. Untuk itu, ke depan dalam penyaluran kredit, BPR harus menjaga proses kredit didasarkan prinsip kehati-hatian.

Dipaparkannya, azas kredit yang sehat harus dipenuhi agar di kemudian hari tidak menimbulkan masalah bahkan memperkecil risiko kredit. “Bahkan diupayakan tidak ada risiko kredit,” katanya. (kup)