Harga Tinggi, Tabulampot Kedondong makin Diminati

161

TABULAMPOT kedondong makin diminati para penggemar tanaman, khususnya tanaman buah dalam pot. Tren tanaman buah dalam pot makin menarik bagi penggemar tanaman. Meski harganya tinggi yaitu mulai Rp 250 ribu, tabulampot kedondong tetap diminati.

Tabulampot kedondong, menurut Elsa pemilik Fruit Garden, sangat diminati. Kedondong sangat mudah tumbuh di segala tempat dengan tanah mulai lempung hingga berpasir asalkan memiliki unsur hara yang mencukupi. Kedondong membutuhkan  sinar matahari cukup dan sepanjang hari.

“Untuk membuat tabulampot dibutuhkan pot tanam berukuran besar dengan diameter sekitar 50 cm dan tinggi sekitar 50 cm. Bahan media tanam yang perlu disiapkan adalah tanah dan pupuk organik dengan perbandingan sekitar 1 : 1,” paparnya. Kemudian campurkan kedua bahan media tanam tersebut dicampur dengan insektisida untuk mencegah hama tanah lalu campurkan semuanya hingga tercampur merata.

Setelah memilih bibit unggul yang tepat, segera lakukan penanaman. Masukkan media tanam ke dalam pot lalu siram hingga basah merata, setelah itu masukkan bibit kedondong dan atur akarnya hingga menyebar rata. Lalu, masukkan kembali media tanam dan lakukan penyiraman secara merata. Kemudian, pasang tajuk dan ikat dengan menggunakan tali agar tanaman tidak bergeser dan letakkan pot di tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari sepanjang hari.

Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari pada tanaman kedondong yang baru ditaman. Kalau kedondong sudah tumbuh dengan baik, penyiraman dapat dilakukan 2 hari sekali dan jika sudah mulai besar bisa dilakukan penyiraman setiap 4-6 hari sekali dengan melihat kondisi tanah. (pur)