Penuhi Kebutuhan Air bagi Masyarakat, PDAM Gianyar Optimalkan Layanan

19

Gianyar (Bisnis Bali) – PDAM memiliki kewajiban untuk memberikan suplay air bersih kepada masyarakat. Dirut PDAM Gianyar, Made Sastra Kencana, Kamis (3/5) mengatakan, PDAM tentu akan terus mengoptimalkan layanan sehingga mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Diungkapkannya, PDAM Gianyar tidak pernah berhenti berproduksi. Ini terlihat dari biaya listrik yang sangat tinggi untuk pompa yang operasi 24 jam.
Ia menjelaskan, ini kecuali ada perbaikan jaringan pipa yang pecah dengan usia yang sudah sangat tua (PDAM 1984 hingga PDAM 1993). Kerusakan karena ada pipa yang hampir di seluruh jalan di Kabupaten Gianyar (ada pipa PDAM) disebabkan oleh akar pohon yang berada di atas pipa PDAM.
Untuk itu, pelayanan PDAM Gianyar sering terganggu dikarenakan ada perbaikan yang perlu perjuangan membongkar aspal dan memotong akar yang letaknya rata hampir 1.5 meter di dalam tanah.
Made Sastra Kencana mengatakan, kendala lain jaringan pipa yang berada di bahu jalan sekarang sudah berada hampir ke tengah jalan, baik jalan nasional (tidak boleh dibongkar sama sekali) dan jalan propinsi yang perlu izin dan perlu waktu untuk koordinasi, baik lisan dan tertulis. “Perbaikan ini perlu  waktu, sehingga  pelayanan menjadi terhambat,” ucapnya.  (kup)