Denpasar (Bisnis Bali) – Ikan patin merupakan satu dari banyak ikan yang banyak digemari masyarakat. Dewasa ini olahan ikan patin mulai banyak diburu penggemar kuliner karena rasanya serta berbagai manfaatnya.

Ikan patin memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan ikan kebanyakan,seperti tekstur dagingnya yang lembut serta gurih. Mudah dijumpai dihampir semua pasar tradisional, serta salah satu jenis ikan yang mudah dikembangbiakkan.

“Hampir seluruh bagian dari tubuh ikan patin bisa dimanfaatkan dan diolah untuk dikonsumsi,selain itu rasa dari ikan yang gurih ini membuat sebagian besar masyarakat suka mengkonsumsinya,” ungkap Pipit Ayu Kurniawati,salah seorang pengusaha kuliner yang salah satu menu sajiannya adalah olahan ikan patin.

Ia mengungkapkan, ikan patin yang saat ini sedang diminati adalah ikan patin yang diolah dengan diasap, setelah itu baru diberi bumbu sesuai dengan permintaan. “Ada beberapa pilihan bumbu yang ditawarkan untuk ikan patin asap ini seperti ikan patin asap sambal sere lemo,ikan patin asap bumbu sambal matah serta ikan patin asap bumbu nyatnyat,” katanya. (ita)