Konsulat Berperan Bantu Imigrasi

46
 TERTIB - Konsulat memiliki peran membantu imigrasi dan kepolisian untuk menertibkan orang asing melakukan tindakan kejahatan atau berperilaku tidak baik dan menyalahi aturan imigrasi di Bali. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Adanya wisatawan atau orang asing yang berkunjung ke Bali berperilaku kriminal atau melanggar pemanfaatan visa kunjungan tentunya  akan mencoreng nama baik negara asal wisatawan yang bersangkutan. Konsul Kehormatan Polandia, IB. Surakusuma, Kamis (3/5) mengatakan, konsulat tentu memiliki peran besar membantu imigrasi dan kepolisian menjaring keberadaan orang asing yang berperilaku kriminal dan menyalahi penggunaan visa kunjungan untuk bekerja di Bali.

Ia mengungkapkan, penggunaan visa kunjungan untuk bekerja di Indonesia termasuk di Bali merupakan bagian pelangaran aturan imigrasi. Bagi wisatawan yang bekerja di Bali menggunakan visa kunjungan wajib ditertibkan.

Ia menjelaskan, pelaku pariwisata yang mengetahui pelanggaran dari yang dilakukan orang asing di Bali wajib melapor ke imigrasi. Dalam penertiban orang asing yang bekerja menggunakan visa kunjungan tentu juga wajib melibatkan pihak keamanan.

Dipaparkannya, selama ini di Bali sudah dibentuk polisi pariwisata. Polisi pariwisata ini mesti dioptimalkan membantu petugas imigrasi untuk menertibkan orang asing yang melanggar aturan imigrasi di Bali.

Menurutnya, polisi pariwisata yang mengawasi orang asing ini mesti dibekali bahasa asing. Penertiban orang asing yang melanggar aturan imigrasi di Bali mesti didasarkan SOP yang jelas. (kup)