Semarapura (Bisnis Bali) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Klungkung, Gede Putu Winastra menutup kegiatan Penyerapan Tenaga Kerja Dengan Pola Padat Karya, di Desa Batukandik Kecamatan Nusa Penida, Rabu (1/5). Program padat karya yang telah selesai dilaksanakan ini merupakan pembukaan badan jalan sepanjang 2.501m dengan lebar 5m, dari pertigaan Nyangkit menuju Cubang Sampi yang terletak di Dusun Dungkap I, Desa Batukandik, Kecamatan Nusa Penida.

Sekda Gede Putu Winastra mengatakan, melalui program ini akan ada serapan anggaran yang langsung kepada masyarakat. Meskipun kecil namun akan dapat menggerakan ekonomi masyarakat desa. “Terima kasih kepada seluruh komponen yang terlibat dalam program ini termasuk para anggota TNI AL, sehingga  kegiatan ini berjalan lancar dan selesai tepat waktu. Selanjutnya bersama sama menjaga dan memelihara jalan baru ini,” ujarnya.

Kepala Dinas Perindutrian dan Tenaga Kerja, Drs. Gede Kusuma Jaya dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini telah dikerjakan selama 20 hari dan sesuai jadwal yang telah ditentukan yaitu mulai 22 Maret hingga 16 April 2018. Pengerjaannya melibatkan tenaga kerja sebanyak 88 orang yang  terdiri dari tenaga pengayah sebanyak 80 orang dengan upah Rp 80.000/hari/8 jam, 4 orang tukang dengan upah Rp 85.000, serta 4 orang ketua kelompok dengan upah Rp 90.000.

Selain dilakukan warga, pengerjaan pembukaan jalan ini juga melibatkan TNI AL Surabaya berjumlah 15 orang dalam rangka “Latma Multilateral Naval Exercise Komodo 2018”. Sumber anggaran berasal dari APBD Kabupaten Klungkung 2018 sebesar Rp 313.481.000. (dar)