Negara (Bisnis Bali) – Memanfaatkan minat dan bakat menjadi peluang bisnis bisa memberi keuntungan berlipat-lipat. Salah satunya Dewa Ayu Putu Oka Pratiwi dari Desa Mendoyo Dangin Tukad Jembrana, dia memanfaatkan bakat seninya yang ia miliki dari kecil untuk memulai usaha lukisan.

Berawal dari hobi menggambar dan melukis serta menjadikan lukisannya sebagai media belajar anak didiknya di Sekolah Dasar, Pratiwi justru mendapatkan ide untuk memulai bisnis.

Ia mengatakan, bisnis lukisan ini bermula dari lukisan karyanya yang awalnya diperuntukkan hanya sebagai media belajar, justru ditawar oleh sejumlah kalangan untuk dibelinya sebagai koleksi. Dari sana dirinya sembari mengisi waktu luang setelah mengajar untuk membuat lukisan dengan berbagai macam tema seperti tema alam, flora, fauna bahkan lukisan dengan tema pernikahan, ada juga tema yang dibuatnya sesuai dengan pesanan. “Awalnya hanya iseng membuat lukisan untuk media mengajar dan saya coba share di media sosil tentang teknik melukis ternyata ada teman yang berminat ingin membelinya,” ungkapnya.

Menurut Pratiwi, setiap lukisan memiliki nilai seni tersendiri dan nilai jualnya masing – masing, seperti halnya lukisan karyanya meskipun tidak sebanding dengan hasil lukisan seniman profesional namun karyanya cukup membuka peluang bisnis yang menjanjikan. (ira)