”Guide” Mandarin Dalami Pengetahuan dan Teknik ”Guiding”

22
PROSES - Guide Mandarin mengikuti proses upgrading dengan materi dibawakan pengurus DPD HPI Bali. (kup)

Mangupura (Bisnis Bali) – DPD HPI Bali bersama divisi bahasa secara berkala meng-upgrading kemampuan para guide termasuk guide di divisi bahasa Mandarin. Dengan upgrading guide Mandarin berlisensi di Bali bisa tampil lebih profesional.

Ketua DPD HPI Bali, Nyoman Nuarta, belum lama ini mengatakan, kegiatan upgrading diawali dari guide divisi domestik, selanjutnya divisi bahasa Mandarin dan divisi bahasa yang lain. Tujuan upgrading untuk meningkatkan pengetahuan budaya, teknik guiding, dan sikap guide bisa memenuhi aturan Perda Pramuwisata.

Ia menjelaskan, pemandu wisata dalam konteks kekinian dihadapkan dengan tantangan globalisasi sangat berat. Biro perjalanan wisata (BPW) di Asita sebagai partner kerja menuntut guide lokal memiliki kemampuan dan profesional kerja. Hal ini yang ingin ditunjukkan HPI melalui upgrading para guide berlisensi di Bali guna meningkatkan profesional kerja.

Ia menegaskan, guide di Bali tidak vakum hanya di tataran konsep saja. Ini sejalan dengan program pemerintah dalam pengoptimalan pengembangan pariwisata budaya. “Dalam konsep tugas, guide memberikan keterangan informasi kepada wisatawan berkaitan tentang budaya dan persoalan-persoalan lainnya,” kata Nyoman Nuarta. (kup)