Cuaca, Penyebab Turunnya Produksi Ayam Broiler

140
AYAM – Langkanya pasokan ayam broiler disebabkan produksi terganggu akibat faktor cuaca. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Perkumpulan pedagang ayam Bali (pengirim dan pemotong ayam) belum lama ini, mengeluhkan kelangkaan pasokan ayam hidup atau stok ayam potong menipis. Faktor cuaca dan musim pancaroba menjadi penyebab turunnya produksi ayam broiler di Bali.

Manajer Marketing PT Charoen Pokphand Indonesia Wilayah Bali-NTB, Drh. Nengah Suardana, Selasa (1/5) mengatakan, Charoen Pokphand Indonesia (CPI) Bali sudah mendistribusikan DOC FS  broiler. Pengiriman DOC ke peternak kemitraan sudah dalam jumlah normal.

Ia menjelaskan, CPI sudah melakukan pengiriman DOC sesuai dengan rata-rata penjualan CPI sesuai periode Januari sampai April.  “Tidak ada pengurangan pengiriman DOC sebagai akibat penurunan produksi,” katanya.

Dipaparkannya, CPI mendapatkan beberapa informasi terkait berat dan pertumbuhan ayam tidak mencapai standar. Ini kemungkinan faktor cuaca yang berimbas pada produksi peternak.

Lebih lanjut dikatakannya, beberapa faktor sekaligus termasuk musim pancaroba. Dugaan penyakit coccidiosis sebagaimana yang disampaikan oleh beberapa peternak mengganggu produksi peternak ayam broiler. (kup)