Mawar tetap Jadi Primadona

105

BUNGA mawar memang sejak dulu sangat disukai oleh kalangan wanita. Karenanya, di kalangan tanaman hias, mawar tetap menjadi primadona. Permintaan tanaman mawar di pasar Beringkit, Minggu (29/4) kemarin, tetap menempati posisi teratas di antara tanaman hias lainnya.

Ni Luh simpen, pemilik Rosemary, toko tanaman di Pasar Beringkit mengatakan, setiap hari Minggu, permintaan tanaman mawar meningkat hingga 75 persen dibandingkan hari biasa. “Kalau hari biasa, biar pasar tutup tetap ada pelanggan yang dapat membeli tanaman. Tetapi memang tidak seramai Rabu dan Minggu,” ungkapnya.

Di antara tanaman hias, tanaman mawar paling diminati. Tanaman mawar tergolong murah yaitu Rp 25 ribu sudah mendapatkan 2 tanaman mawar. Ada banyak pilihan warna yang sangat cantik seperti merah, pink, kuning, oranye dan banyak pilihan warna lainnya.

Bunga mawar dapat tumbuh di berbagai daerah dengan suhu yang panas ataupun dingin. Selain sebagai simbol kasih sayang, tanaman satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hiasan di dalam ruang maupun di halaman.

“Kalau mau menanam mawar dalam pot sebaiknya pilih yang terbuat dari tanah liat. Pot tanah liat memiliki banyak pori yang membuat air dapat mengalir keluar dan membuat akar tanaman tidak busuk, tetapi kalau ditanam langsung di tanah akan lebih baik bagi tanaman mawar,” tuturnya. (pur)