DPK di Bank BPD Karangasem Capai 100,9 Persen dari Target

18
ist

Amlapura (Bisnis Bali) – Penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) atau dari masyarakat pada Bank BPD Bali di Cabang Karangasem, mencapai 100,9 persen dari target pada triwulan pertama tahun ini. Realisasi yang melebihi target dalam penghimpunan  dana masyarakat itu di luar dugaan, terkait perekonomian lesu sebagai akibat dampak erupsi Gunung Agung.

Hal itu disampaikan Wakil Kepala Cabang Karangasem, Bank BPD Bali, Ida Bagus Suryakanta, saat ditemui di kantornya di Subagan, beberapa waktu lalu. Pada triwulan pertama yakni selama tiga bulan awal tahun ini, pihaknya di Karangasem berhasil menghimpun dana masyarakat Rp 774 miliar lebih. ‘’Dana masyarakat itu baik tabungan biasa, deposito dan giro,’’ katanya.

Menurutnya, penghimpunan dana masyarakat itu paling banyak atau dominan dari kalangan tabungan dan deposito dari kalangan PNS Pemkab Karangasem, serta banyak juga dari masyarakat umum.  ‘’Kami sudah diberikan kepercayaan mengelola dana masyarakat, tentunya kami akan berhati-hati mengelola dana masyarakat itu. Sejak September tahun lalu, kami memang cukup selektif dalam menyalurkan dana masyarakat. Syukur meski ada, tetapi kredit macet atau non perpomance loan (NPL) BPD Bali Cabang Karangasem termasuk rendah,’’ papar Suryakanta.

Dikatakan, pada Desember 2017 lalu atau pada triwulan keempat, penghimpunan dana masyarakat pun ada peningkatan, meski terbilang peningkatannya sedikit, dibandingkan tahun atau bulan sebelum ada gejolak Gunung Agung. ‘’Walaupun situasi belum begitu menggembirakan sebagai akibat faktor eksternal yakni gejolak Gunung Agung, kita masih bisa mengelola dana masyarakat Bali dengan baik,’’ paparnya. (bud)