Apel Peringati Hari Puputan Klungkung Ke-110 dan HUT Ke-26 Kota Semarapura

25

Semarapura (Bisnis Bali) – Puncak peringatan Hari Puputan Klungkung ke-110 dan HUT ke-26 Kota Semarapura tahun 2018 ditandai dengan menggelar apel di Lapangan Puputan Klungkung, Sabtu (28/4). Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada, S.H., M.H. Apel ini juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Klungkung I Wayan Baru, Ida Dalem Semaraputra, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI/Polri serta undangan terkait lainnya.

Dalam sambutan Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang dibacakan Pjs. Bupati Klungkung I Wayan Sugiada menyampaikan pelaksanaan peringatan hari Puputan Klungkung ke-110 dan HUT ke-26 Kota Semarapura tahun 2018 janganlah sekadar untuk mengekspresikan kegembiraan atas keberhasilan yang telah dicapai selama ini. “Seluruh jajaran Pemkab Klungkung untuk lebih meningkatkan koordinasi dalam upaya mensinkronisasikan program-program pembangunan prioritas, sehingga dapat terbangun sebuah sistem pembangunan daerah Bali yang terkoordinasi dan terintegrasi,” kata Gubernur Bali Mangku Pastika.

Gubernur Mangku Pastika menilai tema peringatan yaitu “Puputan Klungkung menginspirasi perjuangan pembangunan di segala bidang dalam rangka terwujudnya Klungkung yang damai dan sejahtera” sejalan dengan semangat dari raja dan rakyat dalam peristiwa Puputan Klungkung pada 110 tahun yang lalu, patut dijadikan contoh dan tauladan oleh semua komponen masyarakat Kabupaten Klungkung pada era sekarang ini. Karena semangat dari peristiwa tersebut dinilai dapat memperkokoh rasa kebersamaan dalam rangka mewujudkan Klungkung yang unggul dan sejahtera sebagai masyarakat Bali yang maju, aman, damai, dan sejahtera.

Sementara itu, Pjs. Bupati Klungkung I Wayan Sugiada, S.H., M.H., menyampaikan hendaknya peringatan Hari Puputan Klungkung ke-110 dan HUT ke-26 Kota Semarapura dapat   dimanfaatkan sebagai momentum untuk mengevaluasi sesuatu yang telah dicapai, sebagai bahan pertimbangan dalam pengelolaan potensi di masa depan dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat.

Pada saat pelaksaan apel diisi dengan pembacaan sejarah singkat Perang Puputan Klungkung dan penghormatan kepada Lambang Kabupaten Klungkung. Pelaksanaan apel juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke-22.

Di akhir pelaksanaan apel, Pjs. Bupati Klungkung I Wayan Sugiada menyerahkan penghargaan kepada anggota Korpri yang menjalani masa pensiun. Penyerahan penghargaan dan kenang-kenangan tersebut diserahkan kepada anggota Korpri yang pensiun per 1 April 2018 antara lain Ir. Ida Bagus Ngurah Swamantra dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung dengan masa kerja pensiun 30 tahun 7 bulan, Drs. Witjahyono dari SMPN 1 Banjarangkan dengan masa kerja pensiun 38 tahun 1 bulan, Ni Nyoman Kartini dari SDN 1 Dawan Klod dengan masa kerja pensiun 36 tahun 4 bulan, Syamsudin dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung dengan masa kerja pensiun 36 tahun 1 bulan, Ni Wayan Ekanadi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung dengan masa kerja pensiun 34 tahun 5 bulan serta Achmad Kabir, S.Sos dari Kecamatan Nusa Penida dengan masa kerja pensiun 28 tahun 5 bulan.

Selain itu penyerahan piagam penghargaan kepada Anak Agung Gede Sayang Wijaya sebagai anggota pemadam kebakaran terbaik pada Posko Induk Pemadam Kebakaran Kabupaten Klungkung tahun 2017 serta piagam penghargaan kepada I Gede Sulastra sebagai anggota pemadam kebakaran terbaik di Posko Nusa Penida Pemadam Kebakaran Kabupaten Klungkung tahun 2017.

Ada hal menarik seusai pelaksanaan apel yakni pemecahan celengan. Isi dari celengan tersebut bersumber dari keiklasan para ASN di lingkungan Pemkab Klungkung untuk menyisihkan sedikit uang yang mereka miliki. Hasil celengan keseluruhan yang terkumpul akan disalurkan kepada KK miskin melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung. (asp 0492)