Tinggi, Penagihan Kredit Bermasalah di Karangasem

38

Amlapura (Bisnis Bali) – Perekonomian masyarakat di Karangasem masih lesu. Namun, prestasi manajemen Bank BPD Bali Cabang Karangasem, prestasinya lumayan tinggi. Keberhasilan penagihan kredit bermasalah, termasuk paling tinggi di antara cabang di Bali.

Hal itu disampaikan Wakil Kepala Cabang Bank BPD Bali, Cabang Karangasem Ida Bagus Suryakanta, Jumat (27/4) kemarin di kantornya di Subagan, Karangasem.  Suryakanta itu mengatakan,  keberhasilan penagihan kredit bermasalah di Karangasem paling tinggi di antara cabang di Bali. ‘’Meski situasi sulit, kami di Karangasem tetap berhasil melakukan penagihan kredit bermasalah. Tentunya dilakukan pendekatan dan komunikasi yang baik,’’ katanya.

Diakui, terkait masih adanya faktor eksternal yang menyebabkan perekonomian dan usaha masyarakat di Karangasem masih lesu yakni dampak erupsi Gunung Agung, pihaknya memang cukup selektif menyalurkan kredit. Kredit yang disalurkan dominan kredit konsumtif terutama bagi kalangan PNS di Pemkab Karangasem. Kredit itu yang selama ini tetap berjalan dan lancar. Sementara, untuk kredit produktif pengucurannya selektif, guna menghindari risiko yang besar. ‘’Meski di Karangasem pergerakan ekonomi masyarakat masih cukup lesu sebagai dampak dari erupsi Gunung Agung, tetapi keberhasilan penagihan kita termasuk tinggi. Kita melakukan pendekatan terus, termasuk memberikan motivasi, sehingga nasabah kita juga menyadari perlunya kerja keras untuk menggerakkan perekonomian,’’ tambahnya. (bud)