Wabup Sanjaya Gelar Wisata Religi ke Beberapa Pura di Tabanan

16
Di Pura Puseh Anggasari, Pupuan, Wabup Sanjaya mendem pedagingan di beberapa pelinggih Pura, serangkaian Upacara pemelaspasan. (man)

Tabanan (Bisnis Bali) –  Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya tiada henti-hentinya melaksanakan wisata religi ke Pura (tempat suci) yang ada di Tabanan. Bahkan di Bali dan luar Bali. Hal tersebut bertujuan menunjukkan cihna bhakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, agar diberikan kelancaran dalam pembangunan di Tabanan dalam rangka mewujudkan masyarakat Tabanan yang Sejahtera, Aman dan Berprestasi.

Kali ini, dengan didampingi oleh beberapa Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Camat, Perbekel dan Tokoh Masyarakat setempat, Wabup Sanjaya gelar Persembahyangan di Pura Puseh Anggasari, Pupuan, Pura Panembahan Batukaru, Penatahan Kaja dan Pura Luhur Batu Panes, Penebel, serangkaian Pemelaspasan dan Pujawali di Pura Setempat, pada Budha Kliwon Ugu, Rabu (25/4) lalu.

Seiring dengan perkembangan jaman, kepercayaan dunia niskala pelan-pelan mulai luntur dan mulai ditinggalkan oleh masyarakat Bali, khususnya di Tabanan. Namun kepercayaan niskala yang berhubungan dengan religi dan kehidupan setelah mati serta hubungan dengan leluhur akan tetap ada. Mengingat Mayoritas penduduk di Tabanan dan bahkan di Bali merupakan pemeluk agama Hindu, yang kehidupannya tidak lepas dari dunia niskala dan spiritual.

Oleh sebab itu, pada wisata religinya tersebut, orang nomor dua di Tabanan berpesan agar masyarakat selalu kompak dan bersatu, bergotong-royong dan selalu meningkatkan keimanan. Karena pada era globalisasi seperti saat ini, dan sebagai masyarakat kalau sudah bercerai-berai, tentu yang namanya adat, seni dan budaya di Bali, khususnya di Tabanan perlahan pasti akan memudar. (man)