Triwulan I Perbanas Yakin Kinerja Bank Tumbuh 6 Persen

15

Mangupura (Bisnis Bali) – Perhimpunan bank swasta nasional (Perbanas) Bali optimis kinerja bank pada triwulan I 2018 ini akan mengalami pertumbuhan yang lebih baik dari tahun lalu. Prediksi pertumbuhan kinerja bank swasta di Pulau Dewata selama tiga bulan pertama 2018 ini kurang lebih 5-6 persen year on year (yoy).

Ketua Perbanas Bali Bambang Sugiharto di Nusa Dua, Kamis (26/4) kemarin mengatakan, optimisme kinerja anggota Perbanas pada triwulan I mengalami pertumbuhan mengingat kondisi ekonomi Bali bergerak positif, ditambah potensi dunia pariwisata mulai bangkit setalah kondisi Gunung Agung pada 2017 lalu.

“Kinerja bank mengalami pertumbuhan 5-6 persen, itu untuk total angka rata-rata secara keseluruhan mulai dana pihak ketiga (DPK), kredit, aset dan lainnya,” katanya.

Ia memprediksi, pada triwulan I  untuk DPK cenderung lebih kecil sementara persentase kredit lebih besar. Itu berarti harapan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali Nusa Tenggara agar perbankan meningkatan pertumbuhan kredit bisa terpenuhi secara perlahan. “Dengan tingkat konsumsi yang cenderung tertahan dan risiko kredit cenderung turun, perbankan optimis masih memungkinkan untuk mencapai pertumbuhan di angka 6-10 persen tahun ini,” ujarnya.

Sementara terkait imbauan OJK agar bank memperhatikan risiko kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL), Bambang mengakui, perbankan saat ini memang sangat berhati-hati dalam penyaluran kredit, sangat selektif sekali terutama di bidang perhotelan. Untuk penyaluran kredit ke sektor perhotelan pada 2018 mungkin belum tinggi sekitar 2 persenan.

“Bank swasta masih berhati-hati menyalurkan kredit karena kaitannya dengan NPL yang cenderung naik pada tahun-tahun sebelumnya sehingga berpengaruh di penyaluran kredit pada tahhun awal 2018,” jelasnya. (dik)