KAKTUS merupakan tanaman gurun yang tahan terhadap kekeringan. Saat ini ada banyak sekali jenis kaktus mini yang ditawarkan di toko tanaman hias, yang mampu menarik minat konsumen karena kecantikan warna dan bentuknya.

Kaktus mini makin banyak peminatnya karena dari segi warna banyak kaktus mini yang tampil cantik bahkan memiliki bunga. Indra, penjual tanaman hias di Jalan Hayam Wuruk Denpasar mengatakan, kaktus mini banyak dicari konsumen untuk mempercantik ruang kerja. Harga kaktus mini sangat beragam mulai Rp 25 ribu hingga ratusan ribu tergantung jenis dan keunikannya.

Kaktus mini diminati karena cara perawatannya sangat mudah. “Kaktus tidak membutuhkan banyak air dan harus mendapatkan sinar matahari berlimpah. Sebagian besar kaktus berasal dari padang pasir yang sinar mataharinya berlimpah,” tukasnya.

Karenanya, kaktus yang diletakkan di dalam ruangan membutuhkan cahaya yang cukup sehingga sebaiknya letakkan kaktus di dekat jendela dengan cahaya yang tidak terhalang. “Kalau ruangan tidak cukup mendapat cahaya, gunakan lampu dengan spektrum penuh,” katanya. Karena bila kaktus kekurangan cahaya, akan menjadi busuk.  (pur)