BPW Diharapkan Gunakan Pramuwisata Mandarin Berlisensi

39
MONITORING - DPD HPI Divisi Mandarin melakukan kegiatan monitoring. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Pariwisata Bali sudah diperkuat dengan sekitar 900 guide mandarin berlisensi. Ketua Divisi Mandarin DPD HPI Bali, Efendy Kamis (24/4) mengatakan, biro perjalanan wisata (BPW) di Bali yang menggarap pasar Cina atau Tiongkok diharapkan menggunakan pramuwisata berlisensi di bawah DPD HPI Bali.

Diungkapkannya, wisatawan Tiongkok yang berlibur ke Bali akan makin meningkat. BPW pasar Tiongkok di Bali diharapkan bisa mengoptimalkan pemanfaatan pramuwisata mandarin berlisensi untuk menghandel wisatawan Tiongkok.

Ia menjelaskan, berdasarkan data di HPI Bali jumlah pramuwisata mandarin berlisensi 900 orang. Pramuwisata mandarin yang aktif ini siap melayani wisatawan Tiongkok yang berlibur ke Bali

Dipaparkannya, BPW pasar Cina yang tergabung dalam Bali Liang Asita Bali memang kerap kali menyampaikan masih kekurangan guide Mandarin. Hanya saja HPI Bali meyakinkan jumlah 900 pramuwisata Mandarin dinilai mampu melayani wisatawan Cina yang berlibur ke Bali.

Lebih lanjut dikatakannya, di Bali sudah diberlakukan Perda No. 5/2016 tentang Pramuwisata sebagai revisi dari Perda No. 5/2008 telah disahkan. Perda No. 5/2016 jadi payung hukum dalam operasional dan pengawasan pramuwisata bahasa Mandarin. (kup)