’’Dress’’ dan Sanggul Modern Jadi Pilihan Pengantin bagi Wisatawan

29

Tabanan (Bisnis Bali)- Bali sebagai daerah pariwisata, kerap menjadi daerah pilihan bagi wisatawan untuk menggelar upacara pernikahan. Meski sebagian wisatawan ingin menggunakan tata rias pengantin Bali, namun kebanyakan dari mereka memilih menggunakan dress dengan sanggul modern.

Ni Wayan Wiwik Arisandi, pemilik Salon Rama di Desa Tunjuk Selatan, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan mengatakan, belakangan semakin banyak wisatawan yang melangsungkan upacara pernikahan di Bali, baik acara seremonial maupun resepsi. “Kalau wisatawan kebanyakan memilih menggunakan dress pengantin dengan tata rias dan sanggul modern. Pernikahan wisatawan tidak tergantung hari baik seperti orang Hindu, jadi setiap saat selalu ada orderan,” tuturnya.

Karena melihat peluang tersebut ia  mengaku, secara khusus mengikuti kursus dan pelatihan membuat sanggul modern dan tata rias modern. “Selain kursus, saya juga sering melihat tutorial pembuatan sanggul di internet. Banyak juga tutorial rias wajah yang mengikuti perkembangan tren dunia, kalau memang serius belajar dengan melihat tutorial itu saya rasa sudah cukup,” tukasnya.

Menariknya, untuk pernikahan modern ini, selain pengantin dan pendamping pengantin, biasanya anggota keluarga lainnya juga minta untuk dirias. Karenanya semakin besar peluang yang bisa digarap pada satu upacara pernikahan.  (pur)