Mangupura (Bisnis Bali) – Pengelola jasa penerbangan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencatat adanya kenaikan jumlah lalu lintas angkutan udara yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya.

“Pada triwulan pertama 2018 ini kami sudah melayani 5,17 juta penumpang, baik domestik maupun internasional. Sementara tahun 2017 lalu pada periode yang sama tercatat hanya 4,83 juta. Artinya ada peningkatan sebesar 7 persen,” ujar General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi.

Yanus mengatakan, pascapeningkatan aktivitas Gunung Agung pada akhir tahun 2017 yang mengakibatkan turunnya jumlah kunjungan wisatawan, maka sejak bulan Februari lalu jumlah penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai mulai beranjak naik.

“Jumlahnya terus meningkat di bulan Maret. Hal ini bisa jadi karena ada libur panjang di akhir Maret lalu. Pantauan kami puncaknya terjadi pada 29 Maret, yaitu hampir 70 ribu penumpang, padahal rata-rata penumpang perhari itu berkisar 57 ribu. Melihat pergerakan penumpang yang terus tumbuh mengindikasikan pariwisata Bali juga makin membaik,” katanya.

Peningkatan juga mulai terlihat pada jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Bali. “Januari sampai Maret ada 1,28 juta wisman yang datang. Walau secara keseluruhan jumlahnya 1 persen di bawah kunjungan tahun lalu, tetapi dalam kurun waktu 3 bulan ini angkanya terus bergerak positif,” katanya. (dar)