Parwata Hadiri Perayaan Hari Besar Agama secara Bersama di Dalung   Embrio Jaga Pluralisme dari Keragaman Agama di Badung

38
ist HARI BESAR - Ketua DPRD Badung, saat menghadiri dan memberikan sambutan acara perayaan hari besar keagaman di Banjar Bineka Nusa Kangin, Sabtu (14/4).

Mangupura (Bisnis Bali) – Untuk menjaga kesatuan serta keutuhan pluralisme di Desa Dalung, khususnya di kawasan Perumahan Dalung Permai, Sabtu (14/4) lalu masyarakat Banjar Bineka Nusa Kangin, Desa Dalung menggelar kegiatan perayaan hari besar agama sekaligus di balai banjar setempat.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Camat Kuta Utara, AA Arimbawa,  seluruh kepala lingkungan yang ada di perumahan Dalung Permai.

Kelian Dinas Banjar Bineka Nusa Kangin, Wayan Sarma mengatakan, kegiatan bersama sejumlah komponen umat di Dalung Permai ini adalah perayaan hari besar keagaman  secara bersama yakni perayaan Dharma Shanti Nyepi, Paskah dan Israk Miraj. “Kenapa kegiatan  ini kita lakukan bersama, sesuai dengan nama banjar kita yakni Bineka Nusa yang menjunjung kebinekaan  ini, kami mencoba menjunjung satu kesatuan  dalam hal ini kerukunan antar-umat beragamanya,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, acara ini setiap tahun dilakukan yakni pada April sesuai momen yang ditentukan. Hal ini juga memperkuat kebersamaan dalam keberagaman yang ada di kawasan Desa Dalung dan Dalung Permai khususnya. “Perayaan hari besar agama ini sangat mendukung  prularisme di Banjar Bineka Nusa Kangin dan Dalung Permai sehingga taman miniatur kemajemukuman beragaman di Indonesia ada di Kawasan Dalung Permai. Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini kita tetap solid untuk membangun Badung,” ungkapnya.

Sementara Ketua DPRD Badung, Putu Parwata mengatakan,  sangat terkagum dengan kegiatan yang dilaksanakan ini. “Ini bagian dari contoh keberagaman yang baik sekali. Mudah-mudahan semua daerah seperti ini di Desa Dalung. Ini mencerminkan kebesaran kita dan kekuatan besar yang kita miliki di Desa Dalung. Hal ini menjadi embrio untuk dilakukan di seluruh kawasan Badung dan Bali. Kita ingin tunjukkan kekuatan besar bangsa Indonesia ini dengan kemajemukan yang ada namun sangat akur,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya juga  mempunyai komitmen besar menjaga prularisme di Kabupaten Badung. “Ini harus hidup kita bergandengan tangan, semua komponen besar harus terbangun dan mampu membangun konsep piramida besar untuk kepentingan masyarakat. Bila perlu kita wujudkan  kegiatan ini setiap tahun dan kita wujudkan hidup saling berdampingan di Desa Dalung. Selain itu, kami berterima kasih atas prakarsa kegiatan ini, bila perlu hal ini menjadi ikon kita di Dalung,” paparnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengingatkan masyarakat di Dalung untuk tetap menjaga kebinekaan dalam membangun Desa Dalung ini. “Hindari hoax yang saat ini banyak sekali mengambil isu SARA. Saya selaku lembaga Dewan mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi, Paskah dan Israk Miraj bagi warga Dalung Permai kususnya di Banjar Bineka Nusa Kangin. (ad 0.447)