Kaya Manfaat Olahan Jambu Kancing Potensial Dikembangkan

47

BUAH jambu air pada dasarnya memang cenderung mudah busuk, sehingga perlu dilakukan pengolahan pascapanen saat panen raya. Saat produksi berlimpah, agar petani tidak merugi, jambu kancing dapat diolah menjadi berbagai macam produk.

Selama ini, jambu air hanya dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap rujak, padahal buah yang kaya manfaat tersebut dapat diolah menjadi asinan, manisan dan sirup.

Eny Sulistya Dewi, dosen ilmu gizi Undhira memaparkan, jambu kancing melancarkan pencernaan tubuh dengan serat dan mineral yang tinggi sehingga cocok bagi mereka yang sedang melakukan diet. Mampu mengurangi dehidrasi karena mengandung mineral yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah penyakit batu ginjal.

“Jambu kancing juga mengandung vitamin A yang dapat membantu menyeimbangkan imun (kekebalan) tubuh, memperkuat fungsi sel darah putih dan menjaga kesehatan mata,” terangnya. Antioksidan kandungan vitamin C dalam buah jambu air berperan penting untuk memperbaiki jaringan sel-sel tubuh yang rusak khususnya sebagai perawatan kulit.

Jambu kancing bisa diolah menjadi asinan yang cara pembuatannya sangat mudah yaitu 1/2 kg jambu kancing dicuci bersih dan dipotong-potong sisihkan. Potong cabai rawit jumlahnya sesuai selera, lalu campurkan garam, gula  masing-masing 1/2 sendok makan dan perasan jeruk limau 2 buah campur setengah gelas air matang dan masukkan ke dalam wadah jambu. Aduk rata, tutup rapat dan masukan ke dalam kulkas. Asinan ini lebih tahan lama bila disimpan di kulkas.

Jambu air juga bisa diolah menjadi manisan sehingga menimbulkan sensasi yang berbeda saat menikmatinya. Bahannya 1 kg jambu air, 1/2 kg gula pasir, 1 liter air, air matang 450 ml, garam secukupnya, 3 atau 4 biji cengkeh, perasaan jeruk nipis, kayu manis 6 cm dan kapur sirih.  (pur)