Harga Kayu Bangunan masih Stabil

53

Gianyar (Bisnis Bali) – Meskipun zaman sudah modern, namun untuk urusan bangunan serta properti tampaknya masih tidak bisa dijauhkan dari peran kayu. kayu dianggap bahan yang paling penting dalam pembangunan, bahkan makin besar bangunan, jumlah penggunaan kayu juga akan makin banyak.

“Kebanyakan kalau di tempat kami kayu yang dicari seperti meranti, borneo dan kamper. Hal ini mungkin karena jenis kayu ini selalu ada di pasaran dan harganya terjangkau,’’ ujar Mangku Suteja, owner sikut satak profil, di Jalan Raya Tulikup, Gianyar.

Selain itu, lanjutnya, dari segi kekuatan kayi ini juga bisa diandalkan asalkan pengopenan atau kekeringan kayu sesuai. Menurut Mangku Suteja, pemanfaatan kayu juga dinilai sangat beragam tidak hanya pada saat pembangunan kontruksi rumah, atap rumah, namun juga untuk furnitur, kusen pintu dan jendela,daun pintu dan jendela, loster, serta masih banyak lainnya.

Hal ini pula yang membuat usaha profil kayu tidak pernah sepi. “Meskipun dari segi intensitas orang membangun beberapa waktu lalu sempat menurun, namun untuk urusan furniture, serta pembuatan kelengkapan rumah berbahan kayu selalu saja ada pesanan,” ungkapnya.

Apalagi untuk harga, kayu sangat stabil dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya. Hal ini disebabkan karena proses tebang tanam,yakni untuk kayu yang tua dan siap ditebang akan langsung digantikan dengan kayu yang baru. (ita)