Gratis, Dibiayai Penuh APBN   2018, Badung Tuntaskan Pensertifikatan 43.000 Bidang Tanah Warga

48
AA Made Wardika

Mangupura (Bisnis Bali) – Pemkab Badung dipastikan akan menuntaskan pensertifikatan tanah milik warga dalam program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL). Pada 2018 ini, Badung akan menggenjot penyelesaian alas hak untuk 43.000 bidang tanah dari 62.000 bidang tanah yang ada di kabupaten berbentuk keris ini.

Hal ini dikemukakan Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Badung AA Made Wardika kepada sejumlah media, Selasa (10/4) kemarin. “Kami pastikan sisa bidang tanah yang belum diproses pada 2017 akan digenjot pada 2018 ini,” tegas mantan Kabag Keuangan Setwan ini.

Menurut Wardika, dari 62.000 bidang tanah yang ada di Badung, yang belum diproses hanya sekitar 43.000 bidang tanah. Sisanya sudah diproses pada 2017, hanya penyerahannya belum dilakukan secara keseluruhan. Targetnya selesai pada September dan diserahkan bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) Mangupura sekitar November. Pada saat itu, ujarnya, Pemkab Badung berencana mengundang Presiden untuk selanjutnya menyerahkan sertifikat tersebut kepada warga.

Saat ditanya berapa anggaran yang disiapkan Pemkab Badung untuk program ini, Wardika menyatakan, Pemkab Badung tidak jadi membiayai pensertifikatan tanah warga ini. Dari 43.000 bidang tanah ini, tegasnya, semuanya dibiayai oleh anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). “Pemkab Badung tak jadi mengalokasikan anggaran untuk program ini,” tegasnya. (sar)