Bangli (Bisnis Bali) – Bagi wisatawan pecinta alam, objek wisata air terjun Kuning yang berada di Banjar Kuning, Desa Taman Bali, Kabupaten Bangli ini bisa menjadi alternatif pilihan. Air terjun yang berada di ketinggian 25 meter ini sebenarnya sudah mulai diperkenalkan sebagai destinasi pariwisata sejak tahun 2014 lalu, hanya saja belum tergarap maksimal.

Berada di areal seluas 3 hektare ini, destinasi yang mulai dilirik wisatawan baik lokal maupun mancanegara ini menjadi tawaran baru di tengah kejenuhan objek wisata lainnya. Apalagi air terjun Kuning ini masih memiliki air yang sangat jernih,serta pemandangan yang masih alami, didukung lagi dengan cuaca di Kabupaten Bangli yang dikenal sejuk ini.

“Awalnya sekitar tahun 2014, objek wisata air terjun Kuning ini dikelola sekeha teruna-teruni, namun karena pengelolaannya kurang maksimal, akhirnya pihak desa bekerja sama dengan pihak ke-3 untuk pengelolaan destinasi pariwisata ini,” ungkap Ngakan Putu Purwita, owner yang sekaligus General Manager Kuning Waterfall ini.

Dengan menyerahkan pengelolaan terhadap pihak ke-3, di mana sebelumnya telah dilakukan MoU dengan pihak desa setempat, diharapkan penataan Kuning Waterfall atau air terjun Kuning ini akan bisa tergarap maksimal.

“Saat ini Kuning Waterfall sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti tempat melukat sebagai wisata spiritual, dan atraksi wisata lainnya,” katanya. (ita)