Taksiran Emas kian ”Berkilau”

57
ist

Tabanan (Bisnis Bali) – Pelemahan rupiah terhadap dolar AS selama beberapa pekan terakhir berbanding terbalik dengan pergerakan nilai jual emas di pasaran. Harga taksiran emas pun cenderung kian berkilau (mahal). Kondisi tersebut sekaligus membuat harga taksiran emas berada di posisi level tertinggi selama beberapa tahun belakangan ini.

Kepala Pegadaian Cabang Tabanan, Gusti Nyoman Arka, di Tabanan, Senin (9/4) kemarin mengungkapkan, pelemahan rupiah membuat harga taksiran emas di Pegadaian cenderung mengalami lonjakan. Pada Maret lalu, terjadi beberapa kali lonjakan harga pada taksiran harga emas di Pegadaian. Imbuhnya, taksiran harga emas Pegadaian ini selalu mengikuti perkembangan harga emas internasional, sehingga ketika harga emas internasional ini meningkat, nilai taksir pun mengalami hal serupa.

Jelas Arka, saat ini harga taksiran emas sudah mencapai Rp 550 ribu per gram. Harga ini mengalami lonjakan dari akhir Maret lalu yang berada di level Rp 539 ribu per gram. Diakuinya, nilai taksiran gadai harga emas ini naik mencapai lima kali dalam periode Maret lalu dan pada periode April ini tengah menduduki level tertinggi selama beberapa tahun terakhir.

“Tampaknya di tengah pelemahan rupiah telah membuat permintaan pasar akan logam mulai ini menjadi meningkat, sehingga harganya pun cenderung naik belakangan ini,” ujarnya. (man)